Bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda, es cincau, es cappucino dan es jeruk

Bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda, es cincau, es cappucino dan es jeruk - Kehamilan adalah saat yang selalu dinanti-nantikan oleh setiap pasangan suami istri. Merupakan anugerah yang besar yang diberikan oleh Allah.

Sudah sewajarnya saat mendapatkan kebahagiaan pada masa-masa kehamilan ini, baik suami maupun istri sangat berhati-hati dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

Agar bayi yang dikandungnya dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehata ibu dan bayi yang dikandungnya ini. Seperti faktor lingkungan, kegiatan dan makanan  yang di konsumsi oleh sang ibu sehari-hari.

Faktor lingkungan misalnya. Alangkah baiknya pada masa kehamilan sang ibu menjaga diri nya dari lingkungan yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang.

Misalnya di dalam gedung bioskop, pasar malam dan lain sebagainya. Mengapa?

Karena pada contoh tempat-tempat yang saya sebutkan diatas, yang dikhawatirkan adalah beberapa orang sedang menderita sakit ikut di dalam perkumpulan tersebut.

Walaupun mungkin hanya flu, demam atau batuk. Tentu lebih baik untuk ibu hamil menghindari tempat-tempat semacam itu bila tidak benar-benar sangat dibutuhkan.

Bila terpaksa harus mengunjungi tempat yang ramai dengan kumpulan orang, maka pastikan untuk menggunakan masker.
Baca juga : Masa Subur Pria Agar Istri Cepat Hamil



Sehingga bakteri dan virus yang sedang diderita beberapa orang dalam keramaian itu tidak menyerang kesehatan sang ibu hamil. Karena ingat jangan pernah menyepelekan hal kecil seperti ini jika anda menganggap kehamilan anda ini anugerah dan amanah yang besar dari Allah untuk dijaga.

Faktor kedua adalah menjaga aktifitas untuk ibu hamil, ingat bukan tidak beraktifitas!!!

Maksud menjaga dan membatasi aktifitas ibu hamil adalah yang dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayi dalam kandungannya.


Misalnya melakukan perjalanan jauh yang melelahkan, wahana bermain ekstrim yang berbahaya, dan aktifitas olahraga berat.

Dan faktor terakhir inilah yang akan menjadi titik berat pembahasan kita kali ini. Terutama mengenai boleh tidaknya ibu yang sedang hamil meminum es kelapa muda, es cincau, es cappucino dan es jeruk.

Pertama-tama saya akan memisahkan ke empat jenis minuman tersebut berdasarkan zat-zat utama yang terkandung didalamnya.

1. Minum Es Bagi Ibu Hamil

Zat pertama yang akan kami bahas dari ke empat minuman ini adalah es batu. Berfungsi untuk membuat minuman menjadi lebih dingin dan segar. 

Es pada dasarnya tidak berbahaya secara langsung bagi kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya. Namun es ini memiliki beberapa potensi buruk untuk proses persalinan kelak, contohnya :
  • Menambah berat badan bayi menjadi berlebihan
    2,5 - 3 kg merupakan berat badan ideal untuk bayi. Dikatakan berat badan bayi berlebihan jika melebihi berat badan ideal bayi. Hal ini tidak menguntungkan bagi ibu hamil karena bayi tersebut akan lebih susah untuk dilahirkan secara normal.
  • Cepat Lelah
    Ibu hamil memerlukan energi lebih sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi tinggi dan bervitamin. Namun air es atau es batu dapat menghambat proses penyerapan karbohidrat yang dikonsumsi. Akibatnya ibu yang sedang mengandung menjadi tidak bertenaga dan mudah lelah.
  • Menaikkan berat badan Ibu hamil
    Seperti sifat es yang telah kami terangkan diatas. Minuman es yang dikonsumsi setelah makan akan menghambat dan menyebabkan pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lama. Terlalu sering mengkonsumsi es juga menyebabkan lemak tidak dapat dibakar secara sempurna. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil menjadi kegemukan, yang kelak akan menghambat proses persalinan. Biasanya bila kenaikan berat badan ibu hamil lebih dari 15kg, dokter akan menganjurkan untuk diet 

2. Minum Kelapa muda ketika hamil

Didalam air kelapa muda tidak ada satupun kandungan zat yang dapat mengakibatkan keguguran untuk ibu hamil. Ini bertentangan dengan mitos yang banyak dipercayai di masyarakat umum. 

Bahkan sebaliknya kelapa muda sangat baik karena mengandung ion-ion tubuh alami.

Karena kandungan zat elektrolit dalam kelapa muda akan menggantikan zat elektrolit yang hilang dalam tubuh karena aktifitas.

Selain elektrolit dalam kelapa muda juga terkandung vitamin yang baik untuk ibu hamil. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Baca juga : Bolehkan Ibu Hamil Minum Yogurt Cimory?

3. Minum Cincau untuk ibu hamil

Cincau dapat dibuat dari bahan daun hijau yang sering dissebut dengan daun cincau dengan teksturnya yang lembut di mulut. Kandungan yang terdapat di dalamnya antara lain :
  • Senyawa dimetil kurin
  • Isokandrodenderin
  • Kalori yang rendah
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Serat yang tinggi
  • Alkolid
Kandungan yang terdapat didalam cincau ini tidak membahayakan kandungan. Bahkan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, bayi di rahim ibu.

4. Cappucino untuk ibu hamil 

Cappucino merupakan salah satu jenis varian kopi yang diminati akhir-akhir ini. Begitu juga kebiasaan mengkonsumsi kopi cappucino ini akan menjadi pertanyaan apakah berbahaya bila dikonsumsi ibu hamil?

Perhatian para dokter kandungan untuk jenis minuman cappucino terletak pada jumlah kandungan kafein dalam cappucino yang diminum oleh ibu hamil.

Lembaga NWS Health merekomendasikan untuk ibu yang sedang mengandung tidak boleh minum lebih dari 200mg kafein dalam sehari.

Ini setara dengan empat cangkir teh dalam sehari dengan rasa sedang, atau 6 cangkir cola atau juga setara dengan 2 gelas kopi instant.

Namun bila membeli minuman ini di coffee shop misalnya, ibu hamil kemungkinan akan mendapatkan lebih dari 200mg kafein.

Hal ini sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara membuatnya dan jenis biji kopi apa yang digunakan.

Dampak buruk yang terjadi bila ibu hamil mengkonsumsi kafein lebih dari 200mg adalah stimulan yang dapat meningkatkan metabolisme dan denyut jantung yang akan mempengaruhi bayi yang anda kandung.


5. Minum Jeruk untuk ibu hamil

Jus jeruk lebih aman dan bermanfaat dikonsumsi untuk ibu hamil. Jus jeruk dalam beberapa kasus kehamilan dapat digunakan untuk mengurangi rasa mual berlebihan saat trimester awal.
  • Berikut ini adalah beberapa manfaat jus jeruk untuk ibu hamil
  • Sumber Antioksidan
  • Sumber Kandungan Folat
  • Dapat mengatasi dehidrasi
  • Melawan infeksi
  • Menjaga tekanan darah
  • Mengatur keseimbangan elektrolit
Jeruk merupakan salah satu buah yang sempurna untuk memenuhi setidaknya 15% gizi bagi ibu hamil. 

Namun hal yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi jeruk pada masa kehamilan adalah hindari jeruk dengan rasa asam yang tinggi, dan tidak menambahi gula secara berlebihan saat mengkonsumsi.


Pesan untuk ibu yang sedang mengandung sebaiknya pilihlah makanan sumber vitamin dan gizi yang masih alami atau organik, hindari segala macam makanan atau minuman kemasan karena dikhawatirkan mengandung zat-zat kimia, batasi secara bijak jenis minuman diatas bila terpaksa mengkonsumsinya dan sebaiknya ganti dengan minum air putih sebagai sumber mineral dalam tubuh.

0 komentar