√ 7 Bahaya Mengkonsumsi Jeruk Nipis Setiap Hari Bagi Lambung

7 Bahaya Minum Jeruk Nipis Setiap Hari Bagi Lambung - Telah banyak kejadian setiap hari, kambuhnya perut melilit pada penderita maag atau lambung yang sensitif setelah berlebihan mengkonsumsi jeruk nipis. Ini perlu kita waspadai saat mengkonsumsi jeruk nipis.

Dokter pun mengatakan untuk berhati-hati dalam meminum perasan air jeruk nipis.

Dilain sisi memang banyak sekali manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan tubuh kita karena vitamin C dan zat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Namun karena mungkin terlalu bersemangat untuk segera mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga kita lalai dan berlebihan dalam mengkonsumsi air perasan jeruk nipis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari air jeruk nipis untuk kesehatan tubuh:

  1. Mempunyai sifat antibakteri
  2. Baik untuk kesehatan jantung
  3. Dapat mengatasi mabuk karena alkohol
  4. Kaya Vitamin dan mieral untuk tubuh
  5. Atasi jerawat pada ibu hamil
Kami akan bahan mengenai manfaat-manfaat jeruk nipis diatas lebih lengkap pada artikel tersendiri.

Nah, dari banyaknya manfaat yang terkandung dalam jeruk nipis inilah yang menyebabkan banyak sekali orang yang mengkonsumsinya tanpa mengerti bahwa air jeruk nipis ini bersifat asam yang tinggi.

Inilah yang dikhawatirkan oleh para dokter.

Bahaya Minum Jeruk Nipis Setiap Hari


Karena banyak sekali orang yang meminum air jeruk nipis berlebihan tanpa mempertimbangkan kondisi tubuhnya.

Orang dengan riwayat penyakit maag atau asam lambung tinggi harus sangat berhati-hati mengkonsumsi air jeruk nipis ini.

Berikut ini adalah bahaya minum air jeruk nipis setiap hari:

  1. Perut Melilit dan Perih Penderita sakit maag pasti sangat hafal dengan rasa melilit pada perut. Rasa perih dan melilit pada perut ini disebabkan karena zat asam yang terkandung didalam air jeruk nipis.
  2. Mulut menjadi pahit
    Kandungan acid reflux pada air jeruk nipis yang berlebihan dapat menyebabkan selaput pada lidah menjadi pahit.
  3. Diare
    Zat asam dalam air jeruk nipis akan mengganggu saluran pencernaan, dengan mempercepat laju makanan di usus besar. Sehingga makanan tidak terserap dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan diare pada beberapa kasus.
  4. Gigi ngilu Asam dari jeruk nipis berlebihan akan memicu reaksi pada otot gigi. Dan salah satu reaksi yang dirasakan pada gigi adalah rasa ngilu.
  5. Muntah
    Pada dasarnya ini adalah efek lanjutan yang dirasakan oleh penderita maag yang mengkonsumsi jeruk nipis. Bila tidak segera diatasi, ini dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan kita yang menyebabkan rasa mual dan muntah.
  6. Pemicu tingginya asam lambung
    Konsumsi zat asam dalam jeruk nipis yang berlebih dan frekuensi terus-menerus jelas akan memicu tingginya asam didalam lambung.
  7. Produksi air liur berlebih Baik rasa pahit di dalam mulut dan produksi air liur yang berlebih ini disebabkan oleh rangsangan asam didalam jeruk nipis.
Yah dari ketujuh efek samping yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi air jeruk nipis diatas selalu kami sebutkan penderita maag. Karena efeknya yang diakibatkan berbeda-beda pada setiap orang.

Bahkan ada banyak orang yang minum air jeruk nipis ini setiap hari, namun baik-baik saja.
Memang ini sangat dipengaruhi oleh kondisi tubuh pada masing-masing orang.



Pola hidup, makanan dan rutinitas sehari-hari.

Namun yang perlu diwaspadai adalah orang yang memang memiliki riwayat sakit maag dan asam lambung. Karena mudah sekali dapat kambuh karena air jeruk nipis ini.
Namun jika kalian memang memerlukan mengkonsumsi air jeruk nipis, kami akan berikan beberapa tips untuk mengurangi kadar asam dalam air jeruk nipis.
  1. Konsumsi Jeruk nipis setelah makan (lambung telah terisi makanan)
  2. Hindari meminum air jeruk nipis saat perut kosong
  3. Gunakan air hangat atau madu untuk mengurangi konsentrat keasaman jeruk nipis

0 komentar